Jumat, 09 Januari 2009

Sistem Informasi Indonesia

Fasilkom UI menawarkan Program Ekstensi Sistem Informasi tingkat sarjana (S1) bagi lulusan program D3 bidang Sistem Informasi dan bidang yang berkaitan seperti Manajemen Informatika atau Teknik Informatika yang sudah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun. Program studi ini merupakan program pendidikan lanjutan (continuing education) yang dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill tentang Teknologi Informasi (TI) dan penerapannya dalam suatu organisasi. Program ini akan dibuka mulai tahun akademik 2007/2008.

Tujuan

Tujuan dari pembukaan program ekstensi ini adalah:

  • memberi kesempatan pada anggota masyarakat yang sudah bekerja untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi dalam bidang Sistem Informasi;
  • mendukung program pemerintah untuk mengembangkan industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan pemanfaatan TIK di sektor bisnis dan sektor publik;
  • mendukung visi UI untuk menjadi research university dengan memperbanyak calon-calon mahasiswa di bidang TIK yang qualified dan terampil untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 dan S3;
  • memanfaatkan sumber daya Fasilkom UI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan bermodus “continuing education program” khususnya bidang Sistem Informasi.

Kurikulum dan Lama Studi

Kurikulum dirancang agar lulusan program ini memiliki kompetensi yang sama dengan kompetensi lulusan Program Sarjana Sistem Informasi Fasilkom UI, yakni memiliki kemampuan untuk:

  • menganalisa kebutuhan informasi dan proses bisnis
  • merancang dan mengembangkan sistem informasi untuk kebutuhan berbagai bentuk dan jenis organisasi sesuai dengan tujuan organisasi (pengembangan sistem informasi)
  • mengelola sistem informasi dan teknologi informasi dari suatu organisasi (manajemen sistem informasi)
  • menyusun perencanaan Teknologi Informasi sebagai teknologi pendukung perkembangan organisasi (investasi teknologi informasi)
  • mengembangkan keterampilan dan ilmu pengetahuan di bidang Sistem Informasi melalui kegiatan penelitian khususunya penelitian terapan yang terkait dengan pemanfaatan dan pengembangan sistem informasi di sektor bisnis maupun sektor publik.

Masa studi Program Ekstensi Sistem Informasi adalah antara 5 (lima) s.d. 9 (sembilan) semester atau 2,5 tahun s.d. 4,5 tahun. Lama studi akan tergantung pula kepada berapa banyak kredit yang dapat ditransfer dari mata kuliah-mata kuliah yang sudah diambil saat studi Diploma 3 (D3). Untuk lebih detil, dapat dilihat di halaman pembagian mata kuliah per sem

Tidak ada komentar: