Rabu, 07 Januari 2009

Rencana Dan Strategis Komputerisasi




Pelaksanaan Rencana Strategis (Renstra) UPPTI-UB 2001-2005 dibagi menjadi 4 tahapan satu tahunan yang disebut dengan Rencana Operasional (RENOP). Sebagai suatu perencanaan strategis dan teknis, RENSTRA dan RENOP memiliki beberapa karakristik antara lain:

1.

RENSTRA merupakan suatu rangkaian strategi pengembangan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan keluaran yang diperoleh dari RENSTRA diterjemahkan dalam bentuk RENOP yang merupakan rangkaian kerja riil tahunan.

2.

Sebagai suatu bentuk action plan, RENOP bersifat dinamis dalam pelaksanaannya senantiasa dapat berubah dan direvisi sesuai dengan kondisi waktu dan keadaan, jika terjadi perubahan dalam strategi yang mendasarinya.

3.

Sasaran strategis dalam RENSTRA merupakan fixed plan/fixed program, yang diharapkan tidak berubah dalam jangka waktu 5 (lima) tahun. Sementara strategi pencapaiannya dapat berubah-berubah sesuai dengan kondisi yang dinamis dan berkembang.

4.

RENOP lebih mengarah kepada orientasi proses daripada orientasi output. Oleh karena itu, jika dalam pelaksanaan RENOP terjadi penyimpangan, intervensi dapat dilakukan pada tahap proses pengembangan berikutnya. Hal ini akan dijadikan sebagai tolak ukur, untuk menentukan suatu program ditunda, dihentikan, dimodifikasi dan sebagainya dengan tidak merubah RENSTRA yang ada. Dengan demikian action plan yang disusun lebih bersifat lentur dan dinamis

5.

RENOP 2001-2002 merupakan tahap 1 dari RENSTRA 2001-2005. Segala sesuatu yang akan dilaksanakan dan dihasilkan dalam RENOP 2001-2002 akan menjadi masukan bagi RENOP 2002-2003.

Rencana Strategis Internal

1. Melakukan perencanaan, implementasi dan pengontrolan terhadap Network Grand Design di Universitas Brawijaya.

2. Melakukan perencanaan, implementasi dan pengontrolan terhadap Sistem Jaringan Komputer di Universitas Brawijaya.

3. Melakukan perencanaan, implementasi dan pengontrolan terhadap layanan-layanan dan aplikasi (Electronic Mail, Mailing List, Pusat Informasi Online melalui Web Site Universitas Brawijaya, dll) yang akan diterapkan di jaringan komputer di Universitas Brawijaya.

4. Melakukan perencanaan, implementasi dan pengontrolan terhadap penyampaian informasi melalui Web Site Universitas Brawijaya.

5. Melakukan kerjasama strategis dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pengembangan Teknologi Informasi (TI) di Universitas Brawijaya

6. Melakukan aktivitas-aktivitas dalam rangka peningkatan dan pemerataan ilmu pengetahuan di bidang TI seperti pelaksanaan training, seminar, workshop, dll

7. Membantu BAPSI dan PUSKOM secara teknologi dalam rangka :

a. Perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan pengumpulan, pengolahan dan analisis penyajian informasi dan data.

b. Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan sistem informasi

c. Perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan proses penyimpanan, pemeliharaan dan pemutakhiran data.

d. Perencanan, pelaksanaan dan pengontrolan pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Universitas Brawijaya (SIM-UB) dan point-point yang terdapat didalamnya. (SIAKAD, SINAGA, SIKEU, SITARIS, dll)

8. Membantu unit-unit dan lembaga-lembaga lain dalam pemanfaatan dan implementasi TI dalam rangka peningkatan kualitas dan efisiensi kerja.

Rencana Strategis Eksternal

1. Ikut berperan serta dalam pengembangan TI di Indonesia

2. Ikut serta dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan seminar, pertemuan praktisi TI dan sejenisnya.

3. Berupaya untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat terutama masyarakat sekitar sesuai dengan kapasitasnya sebagai praktisi TI.

4. Ikut membantu Industri Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah (IKM/UKM) dalam peningkatan kualitas usaha dengan pemanfaatan TI.

5. Ikut membantu penyebaran pengetahuan mengenai TI

6. Melakukan kerjasama dengan universitas-universitas, lembaga pemerintah dan non pemerintah, industri dan dunia usaha serta pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian, pengembangan dan penerapan TI.


Tidak ada komentar: